Intervensi Motivasi Kerja

Setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia pasti membutuhkan adanya dorongan niat, atau bisa juga disebut dengan motivasi. Saat ingin lapar pasti manusia akan mempunyai dorongan untuk mencari makanan yang dapat dimakan, jika haus akan mencari air yang dapat diminum, begitu juga dengan bekerja. Setiap orang pasti memiliki motivasi berbeda-beda antara satu dengan yang lain dalam hal giat tidaknya bekerja. Maka dari itu perusahaan harus dapat secerdik mungkin memberikan intervensi agar motivasi kerja para karyawannya tinggi sehingga mereka dapat mengerjakan pekerjaan nya dengan baik.

Intervensi untuk meningkatkan motivasi kerja pun beragam, seperti :

  1. Menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan dan baik untuk para karyawan, jadi lingkungan tempat karyawan bekerja juga harus diperhatikan, harus selalu bersih dan rapih sehingga karyawan akan merasa nyaman saat mengerjakan tugasnya.
  2. Jadilah pemimpin yang tegas namun tetap ramah kepada karyawan sehingga dapat akrab dengan karyawan tapi tetap disegani oleh para karyawan.
  3. Berikan karyawan jaminan dan asuransi seperti asuransi kesehatan dan keselamatan kerja.
  4. Adakan Family Gathering saat akhir tahun untuk mepererat tali persaudaraan antar karyawan
  5. Berikan karyawan upah bonus di saat karyawan tetap bekerja melebihi batas waktu jam kerja (lembur)
  6. Adanya pengakuan atau pujian terhadap karyawan yang dapat mengerjakan suatu pekerjaan dengan sangat baik, hal tersebut akan membuat karyawan merasa diakui dan senang akan apa yang telah dilakukannya.

Tinggalkan komentar