Teknik Merancang Pekerjaan Berdasarkan Pendekatan Psikologi

Pendekatan psikologi pada Job design ditandai dengan asumsi bahwa efektivitas dan efesiensi yang berkorelasi dengan kepuasan. Terdapat tiga teknik dalam merancang pekerjaan berdasarkan pendekatan psikologi, yaitu:

  1. Job Enlargement

Job Enlargement adalah praktek yang memperluas isi dari pekerjaan yang meliputi jenis dan tugas dalam tingkat yang sama. Job enlargement seharusnya dapat menambah kesenangan untuk bekerja tapi tidak diwajibkan memberikan pekerja tanggung jawab lebih.

2. Job Enrichment 

Job Enrichment merupakan upaya untuk memotivasi karyawan dengan memberi mereka kesempatan untuk menggunakan berbagai kemampuan mereka.Job enrichment adalah memberikan tugas dan tanggung jawab lebih besar pada karyawan dan menambah pekerjaan dalam hal kualitas, atau kompleksitasnya. Misalnya, seorang teknisi yang biasanya menangani mesin, kemudian ditugaskan untuk menangani mesin baru yang lebih kompleks.

3. Social technical

Teori Sistem Sosio-Tteknis (socio-technical systems theory) merupakan cara memandang organisasi yang menekankan keterkaitan dimensi teknis dan dimensi sosial. Teori sistem sosio-teknis mengartikan sistem sebagai selain terdiri dari unsur-unsur yang berkaitan, juga bersifat terbuka. Pengertian ‘terbuka’ di sini berkaitan dengan  lingkungan organisasi.Sebuah sistem yang terbuka dirancang sedemikian rupa agar dimensi teknis maupun sosialnya tidak hanya berkaitan satu sama lain, tetapi juga dengan lingkungan mereka. Teori sistem sosio-teknis menganggap bahwa setiap organisasi bertujuan menjamin pekerja dan teknologi mendukung sebuah proses kerja yang selaras dengan lingkungannya.

DAFTAR PUSTAKA

Muasal Pandangan Sosio-Teknis

http://ferilferdian87.blogspot.co.id/2010/11/manajemen-sumber-daya-manusia.html

http://agungtriantoro.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-job-enrichment.html

Tinggalkan komentar